Pengelompokan Ikan Karang




Menurut Setiapermana (1996) ikan-ikan di terumbu karang dapat dikelompokkan   ke dalam 3 kelompok yakni:
a).   Kelompok Ikan Utama (Major group)
      Jenis-jenis ikan yang dikelompokkan sebagai major group dapat dibagi ke      tiga kelompok yaitu:
-      Major Group A  yang terdiri atas famili Pomacentridae
-      Major Group B terdiri atas famili Labridae
-      Major Group C meliputi famili Scaridae, Pomacanthidae, Acanthuridae, Holocentridae, Nemipteridae, Apogonidae dan Pempheridae.
Ikan yang termasuk major group merupakan kelompok ikan terbesar dari ikan penghuni terumbu karang, umumnya hidup dalam kelompok besar (schooling  fish) misalnya ikan betok marga Pomacentrus, Dascyllus, Chromis dan Amblyglyphidodon dari famili Pomacentridae. Ikan-ikan yang termasuk dalam kelompok ini umumnya berukuran kecil.
b).  Kelompok Ikan Target (Target spesies)
      Ikan target spesies adalah ikan-ikan yang dikonsumsi dan bernilai ekonomis penting yang hidup berasosiasi dengan terumbu karang. Kelompok  ikan target penghuni terumbu karang yang sudah dikenal masyarakat misalnya ikan kakap (Lutjanidae), kerapu (Serranidae) dan baronang (Siganidae). Ikan tersebut umumnya hidup  soliter dan mudah dihitung jumlahnya. Ada beberapa ikan target yang sering dijumpai dalam kelompok besar, misalnya ikan ekor kuning (Caesionidae).
c).   Kelompok Ikan Indikator (Indicator spesies)
      Ikan yang termasuk dalam kelompok tersebut adalah yang dianggap berasosiasi paling kuat dengan karang. Secara umum kelompok ini meliputi ikan kepe-kepe (Chaetodontidae) yang terdiri atas beberapa genus yakni Chaetodon, Chelmon, Heniochus dan Forcipiger.

0 komentar on Pengelompokan Ikan Karang :

Posting Komentar

LIke Box

"border="1"/>

Page Rank

Stats

Flag Counter

free counters

Histats.com