Salt Marsh (Rawa Asin)




Salt marsh/rawa asin merupakan lahan basah pesisir yang membanjiri dan dikeringkan dengan air garam yang dibawa oleh gelombang. Padang ini dikatakan berawa karena tanah dapat terdiri dari lumpur yang dalam dan gambut. Gambut terbuat dari pengurai bahan tanaman yang sering beberapa meter tebal. Gambut basah kuyup, akar-diisi, dan sangat kenyal. Karena rawa-rawa garam sering terendam oleh pasang surut dan mengandung banyak bahan tanaman membusuk, kadar oksigen dalam gambut dapat menjadi sangat rendah-suatu kondisi yang disebut hipoksia . Hipoksia disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang menghasilkan bau busuk-telur belerang yang sering dikaitkan dengan rawa-rawa dan lumpur.

Rawa-rawa garam terjadi di seluruh dunia, terutama di tengah untuk lintang tinggi. Berkembang di sepanjang garis pantai yang dilindungi, mereka adalah habitat umum di muara . Di Amerika Serikat, rawa-rawa garam dapat ditemukan di setiap pantai. Sekitar setengah dari rawa-rawa garam  yang terletak di sepanjang Gulf Coast.

Di daerah tropis dan sub-tropis mereka digantikan oleh bakau , daerah yang berbeda dari rawa-rawa garam dalam bahwa alih-alih tanaman herba , mereka didominasi oleh tanaman yang dapat bertoleran dengan kadar garam yang tinggi.

Rawa-rawa garam juga melindungi garis pantai dari erosi dengan buffering gelombang dan perangkap sedimen. Mereka mengurangi banjir dengan memperlambat dan menyerap air hujan dan melindungi kualitas air dengan menyaring limpasan, dan dengan metabolisme kelebihan gizi.

Rawa-rawa garam  terdiri dari berbagai tanaman  seperti kumbuh, teki tahunan, dan rumput. Dominan rawa asin di Florida meliputi spesies: rush jarum hitam (Juncus roemerianus), rush keabu-abuan yang terdapat di sepanjang daerah rawa, saltmeadow atau biasa disebut kabel rumput (Spartina patens), yang tumbuh di daerah-daerah yang secara periodik tergenang air, rumput kabel halus (Spartina alterniflora), ditemukan di yang terendah daerah yang paling sering kebanjiran, dan Sawgrass (Cladium jamaicense), yang sebenarnya adalah sebuah tanaman air tawar yang kadang-kadang tumbuh di sepanjang tepi atas rawa-rawa garam.




Semoga bermanfaat ^_^


 
Sumber : oceanservice.noaa.gov

0 komentar on Salt Marsh (Rawa Asin) :

Posting Komentar

LIke Box

"border="1"/>

Page Rank

Stats

Flag Counter

free counters

Histats.com