Adaptasi Ikan karang


Ikan karang adalah ikan yang berasosiasi dengan karang (sebagai tempat perlindungan, mencari makan, dan asuhan). Bentuk adaptasi yang dilakukan ikan karang berupa bentuk tubuh, dan pewarnaan.

Bentuk Tubuh




Sebagian besar ikan-ikan karang memiliki bentuk tubuh yang berbeda dari ikan air terbuka. bentuk tubuh Ikan air terbuka biasanya digunakan untuk kecepatan di laut terbuka, efisien seperti torpedo untuk meminimalkan gesekan ketika mereka bergerak melalui air. Ikan karang yang beroperasi di ruang yang relatif terbatas dan lanskap bawah laut yang kompleks dari terumbu karang. Untuk manuver ini lebih penting daripada kecepatan garis lurus, ikan karang sehingga karang telah mengembangkan badan yang mengoptimalkan kemampuan mereka untuk arah panah dan perubahan. 

Mereka mengecoh predator dengan menghindari ke celah di karang atau bersembunyi dan mencari persembunyian di sekitar  karang. Banyak ikan karang, seperti butterflyfish dan ikan bidadari , telah berevolusi badan yang mendalam dan lateral dikompresi seperti pancake. Sirip panggul dan dada dirancang secara berbeda, sehingga mereka bertindak bersama-sama dengan tubuh diratakan untuk mengoptimalkan manuver.

Pewarnaan



Warna-warna yang mencolok dan bentuk serta pola yang aneh dari kebanyakan ikan karang merupakan hal yang menjadi ciri khas yang dimiliki oleh ikan karang. Menurut menurut pola yang aneh dari ikan karang merupakan salah satu bentuk adaptasi morfologi ikan karang untuk mengelabui pemangsanya (kamuflase). Terumbu merupakan latar belakang yang warna-warni sehingga ikan karang menyesuaikan diri dengan warna terumbu karang, celah-celah karang merupakan tempat persembunyian. warna yang mencolok bentuk serta bagi ikan karang jika pemangsa datang sehingga bentuk yang aneh tersebut dapat  membantunya untuk menghindarkan diri dari pemangsanya.

Warna pada ikan karang merupakan pemberitahuan bahwa spesies tersebut mengandung zat lain yang tidak disukai oleh predator. Penjelasan lain bahwa warna digunakan untuk pengenalan spesies, warna juga digunakan untuk penyamaran spesies baik dengan mengubah bentuk ikan dan membuatnya nampak seperti sesuatu yang lain

Semoga bermanfaat ^_^

0 komentar on Adaptasi Ikan karang :

Posting Komentar

LIke Box

"border="1"/>

Page Rank

Stats

Flag Counter

free counters

Histats.com