Kandungan Pada Kuda Laut Dan Manfaat

Kandungan Pada Kuda Laut Dan Manfaat

 




Kandungan Pada Kuda Laut
Kuda laut Mempunyai Kandungan kitin, kolagen dan mineral-mineral penting. Sehingga kuda laut dijual dengan harga yang mahal, di Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung kuda laut kering ukuran relatif besar dijual dengan harga Rp 600.000 perkilonya

Manfaat Kuda Laut
Hewan yang banyak di temukan di perairan tropis dan sub tropis ini banyak sekali kesitimewaannya. Misalnya, masyarakat China telah ribuan tahun menjadikan kuda laut sebagai obat alternatif. Seperti untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan antara lain; melemahnya organ ginjal dan hati, untuk memperlancar peredaran darah, asma, menambah vitalitas seksual atau juga disfungsi ereksi, dan bisa juga menambah jurnfah sperma yang sedikit.

Manfaat biota laut ini tak hanya sampal disitu, karena banyak ahli kesehatan juga merekomendasikan kuda laut untuk mengatasi gangguan insomnia, menguatkan rahim, mengatasi rasa nyeri di daerah lutut, serta mengatasi ancaman gangren. Dan beberapa literatur Cina, binatang ini diyakini juga mampu mengatasi kanker payudara dan meremajakan kulit.
Sperma Super
Kuda laut tak hanya unik karena bentuk tubuhnya, dan manfaatnya bagi kesehatan. Dari cara kawinnya pun bisa dibilang agak menyimpang. Itu karena yang hamil justru pejantannya.

Selain itu, kuda laut jantan juga temyata memiliki sperma-sperma super yang mampu membuahi banyak set telur dalam waktu singkat. Analisis tersebut di buat oleh Profesor Bill Holt dan para koleganya dari Zoological Society of London (ZSL). Kesimpulan tersebut di kemukakan setelah mengamati video rekaman pertama yang menayangkan protes perkawinan kuda laut kuning (Hippocampus kuda) secara terperinci.

Saat ritual kawin dimulai, kuda laut betina akan menyalurkan sel-sel telurnya ke kantung khusus yang ada di tubuh kuda laut jantan selama 5 hingga 10 detik. Di saat yang sama, kuda laut jantan temyata menyemprotkan ratusan spermanya ke air yang kemudian berenang secepatnya mencari ser telur di dalam kantung. Temuan ini mengejutkan karena sebelumnya diduga bahwa sperma langsung disalurkan dari tubuh pejantan ke kantung khusus di tubuhnya.

Dan dari beberapa ratus sperma yang dihasilkan tiap kali kawin, sekitar 100 di antaranya berhasil membuahi sel telur dan menjadi keturunan. Saat ini para peneliti belum dapat menjelaskan bagaimana sperma-sperma kuda laut jantan bisa menemukan sel telur begitu cepat. Sebab, setelah sel telur dipindahkan dalam 10 detik, kantung set telur di tubuh kuda laut jantan akan tertutup rapat sampai saatnya telur menetas.

Berbagai kelebihan yang dimiliki kuda laut ini memang mengagumkan. Selain keindahan tubuhnya, bermanfaat bagi dunia pengobatan juga untuk dunia ilmu pengetahuan. Oleh karenanya untuk mencegah kepunahan satwa ini budidaya merupakan jalan satu-satunya agar keberadaan kuda laut tetap eksis. Di lain sisi permintaan dunia akan kuda laut ini tetap terpenuhi.


 

Sumber : fpik.bunghatta.ac.id

0 komentar on Kandungan Pada Kuda Laut Dan Manfaat :

Posting Komentar

LIke Box

"border="1"/>

Page Rank

Stats

Flag Counter

free counters

Histats.com